Bukalah cendela pikiranmu sekedar untuk berfikir..

Kamis, 03 November 2011

PENGETAHUAN ISLAM



Ada tiga materi pengetahuan dalam ajaran Islam atau RUKUN AGAMA
·         Islam / Syariah
·         Iman / Akidah
·         Ihsan / Akhlak dan Tasawuf
a)      Islam
Pengetahuan tentang islam biasa disebut syariah atau ibadah, dalam hal ini yang dimaksud adalah ibadah murni, seperti materi yang membicarakan tentang tata cara syahadat (ikrar: pengakuan terhadapa Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan, dan Nabi Muhammad saw sebagai Rasul atau Utusan Allah SWT), shalat, puasa, zakat dan haji.

Ilmu yang mempelajari ini adalah ilmu Fikih atau ilmu syariah. Islam dari sisi syariah atau ibadah ini memiliki lima unsure yaitu:
1.      Syahadat
2.      Shalat
3.      Puasa                                 Ilmu Fikih / Ilmu Syariah        
4.      Zakat
5.      haji
b)      Iman
Pengetahuan kedua adalah tentang keimanan atau kaidah yaitu pengetahuan yang membicarakan tentang keyakinan, kepercayaan atau keimanan seseorang kepada Allah SWT, kepercayaan terhadap para Malaikat, Kitab-kitab, Rasul Allah SWT, serta keimanan kepada takdir atau ketentuan yang baik dan takdir atau ketentuan yang buruk. Ilmu yang mempelajari tentang akidah ini biasa disebut dengan ilmu akidah, ilmu tauhid, ilmu kalam.

Untuk mudahnya, enam unsure keimanan tersebut dapat dilihat pada bagian berikut:
1.      Iman kepada Allah SWT
2.      Iman kepada Malaikat Allah SWT
3.      Iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
4.      Iman kepada Para Rasul Allah SWT
5.      Iman kepada Hari Kiamat
6.      Iman kepada Qadhar - Qodar

 
      c)      Ihsan
Satu lagi materi pengetahuan ketiga, yaitu yang membicarakan tentang bagaimana seseorang bersikap secara jiwa maupun fisik dihadapan kebesaran Allah SWT. Secara umum materi ini masuk kategori akhlak atau ihsan.
Pengertian Ihsan yang sangat mendasar adalah sebagaimana tersurat dalam sabda Rasulullah saw, “Hendaklah engkau mengabdi atau beribadah kepada Allah SWT seakan-akan engkau melihat Allah, tapi jika hal ini belum bisa tercapai, maka yakinilah bahwa saat engkau beribadah kepada Allah, Allah sedang melihatmu.”
Adapun ilmu yang memperlajarinya dikenal dengan ilmu akhlak atau ilmu tasawuf.

Tidak ada komentar: